APA ITU MEMEX?

coretan informasi terkini - coretan informasi teknologi - apa itu memex?

Apa Itu Memex? 

Gak salah tuh ane nulis judul " apa itu Memex? " Pasti pikirannya dah pada kotor aja hehe... Tenang aja, ane gak salah nulis judul kok, dan Memex disini bukanlah hal yang berbau parno yang ane maksud. Saat ane lagi santai. Ane iseng-iseng berselancar didunia maya, dan gak taunya membaca artikel Memex di teknonetworkdotcom, Ane langsung berpikir, sepertinya menarik juga untuk ditulis di blog. Memang sih, hanya berbeda satu huruf dibelakang. Bila Para Blogger menggantinya dengan huruf " k " barulah itu hal yang parno dan hal itu yang menjadi dambaan setiap kaum lelaki haha... Aduh, kok jadi ngelantur ane? Gara-gara Memex nih! Ok lah, jangan diperpanjang lagi, malah tar ada yang " bangun " bisa lebih repot lagi hehe... Mending juga kita kembali lagi ke Me...mex hehe... Ayo kita mulai bahas Memex. Satu...dua...tiga...mulai...

Apa itu Memex? Sebelum ane kasih tau lebih dalam lagi ( sumur kali dalem hehe... ). Ane mau kasih pertanyaan dulu. Ada berapa mesin pencari di internet yang Para Blogger ketahui? Coba jawab? Kalau ane sih terus terang aja, cuma tau tiga mesin pencari yaitu Google, Bing dan Yahoo. Dari ketiga mesin pencari ini ( yang ane ketahui loh ) yang lebih banyak dipakai adalah Google. Bisa dibilang kalau Google itu mesin pencarinya sejuta umat. Apapun yang Para Blogger mau cari, Google pasti tau semuanya. Tapi tetap aja sih, Google ada kelemahannya yaitu Google gak akan bisa cariin Para Blogger jodoh hehe... ( ngelantur lagi ). Sekarang seriuslah, dari tadi becanda mulu. Yuk kita kembali lagi ke Me...mex...

Adakah hubungannya antara Memex dengan mesin pencari? Ane jawab, ya tentu ada. Setelah itu, pastinya Para Blogger udah tau dung apa itu Memex? Yup, Memex adalah sejenis mesin pencari yang dikembangkan oleh Lembaga Peneliti Departemen Pertahanan Amerika Serikat ( DARPA ). Memex merupakan singkatan dari Memori and Index. DARPA sudah mengembangkan proyek Memex ini selama satu tahun dan akan terus dikembangkan. Dalam pelaksanaan Memex ini, DARPA menggaet 17 kontraktor yang saling berbeda dan akan menghabiskan dana sekitar $10juta - $20juta. Wow... begitu fantastis. Tentunya DARPA ingin proyek ini berjalan sukses. Walau Memex ini masih dalam tahap ujicoba dan terus dikembangkan, namun Memex sudah di klaim mampu menyaingi mesin pencari nomer satu saat ini yaitu Google.

Loh kok bisa? Padahal masih tahap ujicoba. Ya bisalah, mungkin Memex sudah pernah di adu ( ujicoba ) dengan Google dan hasilnya Memex yang unggul. Ok lah kalau begitu, ane kasih tau keunggulan lainnya dari Memex :

1. Memex mampu menjangkau 95% pencarian web
Dibandingkan dengan Google yang hanya mampu menjangkau 10% saja. Wow... dengan begitu Memex mampu menjangkau hampir keseluruhan dari isi web. Dan itu berarti mampu menjangkau aktivitas web yang tak terdokumentasi dan tersembunyi dibalik server privat. Memang halaman-halaman rahasia itulah yang menjadi target Memex, dan DARPA tidak akan mengungkapkan cara kerja mesin pencari ini secara detail.

2. Memex memiliki sistem pencarian yang lebih cerdas 
Memex hadir dengan membawa evolusi pencarian baru. Dengan memberikan gambaran yang lebih luas dalam bentuk infografis secara detail. Dan hasil pencariannya bukan didasari rating atau keterkaitan dengan iklan seperti yang saat ini diterapkan mesin pencari lainnya.

3. Memex bisa melacak Hacker
Memex dapat memetakan situs yang berada di TOR Hidden Services yaitu situs-situs yang memiliki alamat ( dot ) onion yang hanya bisa diakses melalui browser TOR. Lalu apa itu TOR? TOR adalah software yang bisa dipakai untuk berkomunikasi secara anonim. TOR akan mengarahkan lalulintas internet melalui lebih dari enam ribu relay untuk merahasiakan lokasi user. Maka untuk itu, TOR biasa dipakai oleh para Hacker untuk berinteraksi tanpa takut terlacak oleh pihak berwajib. Nama TOR sendiri berasal dari proyek pertama software ini yaiu " The Onion Router ".  

4. Memex bisa menjadi fungsi sosial kemanusiaan
Karena mampu meng-indeks halaman-halaman rahasia dari suatu web, maka dari itu Memex memiliki satu misi besar untuk memerangi kejahatan penjualan manusia ( human traffic ) yang berkedok prostitusi online yang saat ini sedang marak.

Walau masih dalam tahap ujicoba saja, Memex sudah terlihat beberapa kelebihannya. Bagaimana nanti bila sudah benar-benar bisa digunakan! Ya, semua berharap, nantinya Memex dapat digunakan secara luas layaknya mesin pencari Google, Bing dan Yahoo.

mengenal mesin pencari memex