HARI KEDEWASAAN DI JEPANG

coretan informasi terkini - coretan informasi umum - hari kedewasaan di jepang 

Hari Kedewasaan Di Jepang 

Para Blogger tau apa maksud dari Hari Kedewasaan diatas? Mungkin belum ada yang tau atau sebagian dari Para Blogger sudah ada yang tau! Ok lah, akan ane jabarkan maksud dari Hari Kedewasaan itu? Yang di maksud dengan Hari Kedewasaan itu adalah dimana seseorang telah dinyatakan cukup umur untuk mendapatkan suatu identitas negara ( seperti KTP & SIM ) atau dimana seseorang telah dinyatakan dewasa secara fisik maupun mental untuk bisa menentukan kehidupannya secara mandiri.

Lalu, usia berapa sih seseorang itu dinyatakan dewasa? Setiap negara mempunyai ketentuannya masing-masing. Secara umum berkisar antara umur 17 - 19 tahun. Bahkan ada yang 20 tahun ( seperti yang akan ane bahas ini ). Jepang lah yang menerapkan umur 20 tahun.

Umumnya negara tidak akan memberikan apresiasinya kepada warganya yang telah menginjak dewasa. Namun, tidak demikian dengan Jepang. Disana, setiap warga negara yang telah berusia 20 tahun ( sejak januari tahun kemarin hingga januari tahun yang berjalan ), akan di undang oleh negara untuk menghadiri Upacara Kedewasaan.

Dikutip dari akibanation, dalam Upacara Kedewasaan tersebut, para wanita diwajibkan memakai kimono, sedangkan para pria memakai pakaian formal seperti kemeja beserta jas maupun haori dan hakama. Di Upacara tersebut, para peserta akan diberikan bimbingan dan nasehat oleh Walikota ataupun Kepala Daerah setempat untuk membekali para peserta agar siap menjadi dewasa seutuhnya dan masuk kedalam tatanan masyarakat yang sesungguhnya. Di tengah Upacara juga akan ada prosesi dimana para peserta meminum sake untuk pertama kalinya.

Pada jaman dahulu, sekitar tahun 1948, Upacara Kedewasaan ini di adakan setiap tanggal 15 Januari setiap tahunnya. Namun, sejak tahun 2000, upacara ini di adakan setiap hari Senin minggu kedua bulan Januari.

tradisi unik jepang