ANDROID vs iOS

coretan informasi terkini - coretan informasi teknologi - android vs ios 

Android vs Ios

Android & iOS adalah sistem operasi yang kini sedang "bersaing" sengit dalam menciptakan sebuah sistem terbaik yang dapat dioperasikan melalui sebuah smartphone maupun gadget.

Seperti Para Blogger ketahui, bahwa Android merupakan sebuah sistem operasi open source yang dimiliki oleh Google. Sedangkan rival beratnya Apple, mempunyai sistem operasi yang diberi nama iOS.

Hingga kini, kedua sistem operasi tersebut telah banyak mendapatkan pembaruan. Ini dilakukan untuk memberi kenyamanan kepada para penggunanya.

Ada beberapa perbandingan antara Android dan iOS. Seperti dikutip dari Tabloid Pulsa, mari cekidot satu per satu

1. Guest Mode
Apple memang terkenal sangat "peduli" dengan kenyaman pemakaian individu. Mereka membuat iPhone atau iPad sebagai perangkat paling personal untuk pemakai-nya. Namun faktanya, smartphone dan juga tablet merupakan perangkat sosial yang bisa dipakai oleh siapa saja. Sebuah tablet misalnya, bisa menjadi alat kerja dan konsol game.

Google tampaknya lebih memilih mengadopsi pandangan smartphone sebagai perangkat sosial. Di Android Lollipop, kehadiran fitur Guest Mode memberikan keleluasaan pilihan bagi penggunanya untuk menyesuaikan perangkatnya dengan figur pemakainya. Jadi orangtua tak perlu lagi khawatir jika tiba-tiba email dari kantor yang dihubungkan ke tablet secara tak sengaja terhapus oleh anak mereka, karena masing-masing memiliki login yang berbeda

2. Penghemat Baterai
Android Lollipop memperkenalkan fitur Penghemat Baterai yang di klaim mampu menghemat baterai hingga 90 menit via mekanisme hidup-matikan konektifitas, mengurangi beban kerja sistem, membatasi fungsi getar dan mengefisienkan berbagai hal.

Dari tes baterai yang dilakukan oleh PhoneArena, Nexus 5 yang berjalan pada Sistem Operasi Lollipop terbukti "hidup" lebih lama sekitar 1 jam 15 menit dibanding Nexus 5 yang masih memakai KITKAT. iOS tampaknya belum menyentuh sisi baterai. iPhone 6 dengan layar lebar nan jernih mungkin menyenangkan mata namun belum tentu ramah untuk baterai.

3. SmartLock
Android merupakan satu-satunya sistem operasi dengan sistem pengamanan yang kompatibel dengan perangkat lain yang bisa terkoneksi dengan bluetooth. Selain itu Android masih memiliki lima mekanisme unlock yang berbeda, termasuk pola pattern & face unlock. iOS juga memiliki mekanisme unlock seperti swap, PIN atau sidik jari. Namun masih kalah banyak dengan Android.

4. Dukungan USB Mass Storage
Perangkat Android lebih mudah diakses via PC. Transfer file, copy maupun paste dari sistem Android memang di desain lebih terbuka ke PC atau sebaliknya. Android juga bisa berfungsi sebagai penyimpan file eksternal.

Diluar itu, jika menggunakan kabel OTG, Para Blogger bisa menyambungkan flashdisk ke perangkat Android, sebuah fitur yang menarik bukan? Coba bandingkan dengan iOS yang harus sering-sering membuka software iTunes untuk sekedar mentransfer file atau backup data. Bila iPhone di koneksikan ke PC yang terbaca langsung tetap saja sama yaitu sebuah kamera portabel dengan folder yang dipenuhi foto.

Slot MicroSD? Beberapa perangkat Android masih memilikinya sebagai opsi tambahan untuk memperluas kapasitas penyimpanan. Suatu hal yang mungkin belum terpikirkan oleh iOS untuk menggunakannya.

5. Manajemen Aplikasi 
Di iOS hanya ada dua opsi yang bisa dilakukan setelah menginstal sebuah aplikasi yaitu membuka & menghapus. Pilihan ini mungkin cukup, mengingat iOS di desain untuk tampil se-simpel mungkin.

Namun di Android, Para Blogger memiliki lebih banyak pilihan. Selain dapat menghapus permanen, Para Blogger bisa mengembalikan settingan awal aplikasi. Yang cukup menguntungkan, hampir di setiap aplikasi di Android memiliki opsi pilihan untuk bisa terkoneksi ke aplikasi lainnya. Di Android, Para Blogger juga dapat menyembunyikan aplikasi tertentu yang tidak ingin digunakan ataupun di ketahui orang lain.

6. Dukungan NFC
Sudah bertahun-tahun Android Blackberry dan juga Windows memiliki fungsi-fungsi yang mendukung NFC. Namun, Apple masih menunggu saat yang tepat untuk memaksimalkan fitur NFC sambil membentuk lingkungan bisnis yang memberi keuntungan dengan menghadirkan Apple Pay Meski tak sepenuhnya terlambat, namun tampaknya Apple kurang menyadari bahwa fungsi NFC tak hanya pembayaran, namun NFC juga bisa berfungsi sebagai Transfer file, otorisasi, tag otomatis hingga fungsi-fungsi lain yang tak ada hubungannya dengan pembayaran.

7. Instal Aplikasi
Di Android, Para Blogger bebas menginstal aplikasi dari mana saja, baik yang legal tersedia di Google Play maupun yang crack, tanpa harus memodif sistem ( terdapat pada menu setting keamanan ). Sedang di iOS, Para Blogger hanya bisa download dari App Store. Itu satu-satunya sumber legal untuk instal aplikasi. Jika ingin instal aplikasi crack maka jailbreak adalah jalan satu-satunya.

8. Fotografi Tingkat Lanjut 
Di Android Lollipop, Para Blogger bisa meng-capture foto dalam format YUV dan Bayer Raw. Selain itu, Para Blogger bisa mengontrol pengaturan sensor, lensa dan flash untuk frame individual. Metadata yang dihasilkan oleh kamera perangkat Android Lollipop juga memuat informasi yang lebih lengkap seperti berbagai informasi optikal & model kamera.

Lollipop juga memiliki perekam dan pemutar video 4K. Lalu iOS menyediakan aplikasi kamera yang mumpuni tapi kurang menyediakan fungsi-fungsi kontrol secara manual. Begitu pula, belum ada fitur perekam & pemutar video berkapasitas 4K.

Hal-hal yang dibahas diatas hanyalah jabaran umum yang ada di Sistem Operasi Android & iOS. Semua dikembalikan lagi kepada para pengguna.

Pilihan ada ditangan Para Blogger semua, ingin menggunakan sistem operasi apa!

Perbandingan dua sistem operasi smartphone