E-PASSPORT

coretan informasi terkini - coretan informasi umum - epassport 

E-Passport

E-Passport adalah Passport biometrik yang dilengkapi chip berteknologi tinggi yang berisi data-data lengkap si pemegang passport. Berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh International Civil Aviation Organization ( ICAO ) data-data biometrik yang diwajibkan ada di dalam E-Passport adalah photo wajah dan sidik jari. E-Passport sudah banyak dipakai negara-negara eropa, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Selandia Baru dan masih banyak lagi.

Untuk di Asean sendiri, Indonesia termasuk yang tertinggal dalam hal penggunaan E-Passport ini. Malaysia, Thailand & Singapura telah mewajibkan para warganya untuk menggunakan E-Passport ini. Ini disesuaikan juga dengan kebijakan ICAO yang mewajibkan seluruh dunia untuk memakai E-Passport.

Tidak ada hal yang kentara diantara Passport biasa & E-Passport. Hanya penambahan chip dibawah cover Passport dan biaya yang agak mahal untuk pembuatannya ( ini dikarenakan penambahan chip tersebut ).

Pembuatannya juga tidak berbeda antara Passport biasa & E-Passport. Para Blogger tinggal menyiapkan beberapa dokumen penting, seperti :
1. Akta Lahir
2. Kartu Keluarga
3. KTP
4. Ijazah Terakhir
5. Surat Nikah ( bagi yang sudah menikah )
6. Surat Keterangan Ganti Nama ( bagi yang pernah ganti nama )
7. Surat Sponsor

Para Blogger bisa mendaftarkan secara online maupun offline.

Beberapa keuntungan pemegang E-Passport Indonesia :
1. Tidak perlu antri di pintu imigrasi & langsung masuk autogate di bagian penerbangan internasional Bandara Soekarno - Hatta
2. Bebas Visa kunjungan selama 15 hari ke Jepang ( mulai 1 desember 2014 ). Para Blogger cukup mendaftarkan E-Passport ke Kedutaan Besar & Konsulat Jenderal Jepang di Indonesia.

Apa itu Passport elektronik