INSPIRASI DARI SEORANG CEO

coretan informasi terkini - coretan informasi umum - inspirasi dari seorang ceo

Inspirasi Dari Seorang CEO

Kali ini ane akan berbagi tentang sebuah kehidupan yang sekiranya bisa dijadikan inspirasi bagi kita semua. Dimana kita semua atau sebagian kita sekarang telah memiliki kehidupan yang lebih baik & memiliki jabatan yang tinggi. Terkadang karena hal itu, kehidupan kita bisa berubah drastis ataupun tidak ( tetap seperti sebelum menggapai kesuksesan ).

Memang, jabatan & harta terkadang membuat manusia lupa diri. Kehidupannya berubah sejalan dengan apa yang telah diraihnya. Seakan dia menikmati di kehidupan barunya dan tanpa sadar melupakan jati dirinya. Memang itu manusiawi, tapi seharusnya manusia bisa lebih berpikir realistis & merenung, bagaimana kita harus bekerja keras untuk mencapai apa yang telah kita raih sekarang. Dengan begitu, manusia bisa lebih menahan diri dan bisa bersyukur dengan apa yang telah diraihnya sekarang. Ane akan berbagi tentang manusia yang telah menggapai suksesnya menjadi CEO namun tetap low profile.

Tentu Para Blogger kenal dengan Amazon? Yups, situs jual beli yang paling terkenal di dunia. Awalnya, situs ini hanya menjual buku saja tetapi kemudian berkembang hingga menjual software, hardware, elektronik hingga keperluan rumah tangga.

Apakah Para Blogger tau, siapa otak dibalik kesuksesan Amazon? Yups, dia adalah Jeff Bezos, CEO sekaligus pendiri dari Amazon. Taukah Para Blogger berawal darimana dia memulai Amazon ini? Mmm...ternyata dia memulai dari garasi rumahnya & diberi bantuan dana dari orangtuanya sekitar $300rb. Namun saat ini, sebagaimana data dari Forbes, Jeff Bezos termasuk salah satu miliader yang memiliki kekayaan $29miliar.

Walau telah menjadi miliader, Bezos tidak seperti CEO lainnya. Dia bukanlah orang yang sering tampil di depan publik. Dia hanya menghabiskan waktu 6 jam setiap tahunnya untuk bertemu investor. Bahkan Amazon juga tidak terlalu tertarik untuk mengakomodasi permintaan Wall Street dalam berbagai hal. Karena itu, dalam beberapa tahun, Amazon gagal untuk menghasilkan untung yang lebih besar.

Tapi sebaliknya, Bezos lebih senang bertemu dengan investor kecil yang tidak terlalu peduli dengan visi & misi Amazon. Dengan para karyawannya pun dia tetap peduli & friendly. Dia lebih memprioritaskan kebahagiaan para karyawannya. Dimana dia membebaskan para karyawan untuk membawa binatang kesayangannya ke kantor. Memang untuk tunjangan para karyawannya tidak terlalu besar. Karena Amazon terkenal dengan kehematannya. Untuk urusan ini, Bezos berpendapat, para karyawan di Amazon hanya perlu berjalan kaki beberapa menit saja untuk sampai ke tempat kerjanya. Hal-hal seperti ini yang dianggap Bezos dapat membuat para karyawan bahagia walau tunjangannya tidak besar.

Sifat hemat Bezos ternyata tidak diterapkan di Amazon saja tetapi juga menjalar ke kehidupan keluarganya. Itu di perjelas dengan ketiadaan pembantu rumah tangga di kehidupan keluarganya. Semua dilakukan sendiri oleh anggota keluarganya. Bahkan dia pun tetap mencuci piring sendiri setiap pulang dari kantor. Dia juga tidak memberikan fasilitas dengan mudah pada anak-anaknya. Bahkan anak bungsunya yang berumur 14 tahun adalah anak terakhir yang mempunyai smartphone dikelasnya.

Apa yang dilakukan Bezos, menurutnya adalah untuk mengajarkan anak dan keluarganya agar hidup hemat dan bekerja keras untuk mencapai apa yang diinginkannya.

Beberapa kunci sukses dari Jeff Bezos antara lain

1. Beraksi dan ambil resiko
Jeff Bezos mengaku tidak pernah ragu untuk melakukan aksinya. Bahkan jikalau apa yang ditempuhnya belum berhasil, dia tetap mau mencobanya lagi walau harus mengambil resiko.

2. Meminimalisir penyesalan
" Aku tahu jika gagal tapi aku tidak akan menyesalinya. Namun aku mengetahui satu hal yang mungkin akan aku sesali yaitu jika tidak pernah mau mencoba," katanya.

3. Promosi dari mulut ke mulut
Ia menilai promosi yang paling mudah & bisa mengena ke pelanggan, selain melakukan pelayanan yang terbaik sehingga konsumen dengan sendirinya melakukan promosi dari mulut ke mulut.

4. Terus berinovasi
" Perusahaan akan mengalami hal yang berbahaya jika tidak berkembang mencari inovasi terbaru," ungkap Jeff.

5. Keras kepala
" Jika anda tidak keras kepala, anda akan cepat menyerah," jelasnya.

6. Meniru
Bezos mengaku tidak malu untuk meniru hal-hal baik yang dilakukan kompetitornya. Kemudian menerapkan di Amazon agar lebih baik. " kami melihat para kompetitor kami, belajar dari mereka, melihat hal-hal yang mereka lakukan pada para pelanggannya. Lalu kami meniru hal tersebut semampu yang kami bisa," paparnya.

7. Bekerja keras
Untuk mencapai sesuatu yang besar memang di perlukan kerja keras. Ia mendorong orang-orang untuk melakukan sesuatu yang besar dan membuat sejarah. Ia pernah mengatakan bahwa bisnis internet masih berada di tahap awal. " bekerja keraslah, have fun dan buatlah sejarah," saran dia.

Kehidupan ceo amazon