KOMET LOVEJOY

coretan informasi terkini - coretan informasi umum - komet lovejoy 

Komet Lovejoy 

Komet bernama LoveJoy bakal melintasi langit khatulistiwa. Kabarnya, keindahan komet LoveJoy dapat disaksikan dengan sempurna di wilayah Bumi bagian utara. LoveJoy sendiri saat ini tengah berada pada jarak 43.600.000 mil atau sekira 70.200.000 km dari bumi.

Dikutip dari okezone, diperkirakan komet ini akan mencapai titik terdekatnya dengan matahari ( perihelion ). Nantinya, komet bercahaya hijau ini akan meredup dan kembali pulang ke luar angkasa lagi.

Komet dengan nama resmi C / 2014 Q2, terbilang langka dapat terlihat dari Bumi. Terakhir kali dilihat, sekira 11.000 tahun lalu dan diperkirakan kembali terlihat pada 8.000 tahun lagi di Bumi.

Komet ini dapat dilihat oleh penduduk bumi dari berbagai tempat. Waktu paling sempurna untuk menikmati keindahannya adalah saat matahari telah terbenam. Saat itu, LoveJoy tepat berada relatif tinggi dari garis cakrawala dan akan makin bersinar cerah dari hari ke hari. Selama sebulan pula komet C / 2014 Q2 ini juga akan terus bergerak naik dan naik lebih tinggi dari langit.

Meskipun secara teori dapat dilihat dengan mata telanjang, nyatanya kondisi langit bumi yang penuh polusi menghalangi manusia untuk menatap komet ini dengan sempurna. Namun, dengan bantuan teleskop atau teropong kita masih dapat menyaksikan keindahan dramatis LoveJoy.

Komet ini sendiri pertama kali terlihat pada Agustus 2007 oleh astronom amatir asal Australia, Terry LoveJoy, dan awalnya diprediksi tak mudah terlihat. LoveJoy menjadi sebuah komet periode panjang yang memiliki orbit bentuk elips sempurna. Kemudian komet ini akan terbawa jauh mencapai bagian luar tata surya, kemudian kembali lagi ke arah matahari, selama jangka waktu yang lama.

fenomena alam yang langka