BLACK BOX PESAWAT

coretan informasi terkini - coretan informasi teknologi - black box pesawat 

Black Box Pesawat

Dalam setiap tragedi kecelakaan pesawat, tak pernah lepas dengan yang namanya 'Black Box'. Kenapa demikian? Apa isi black box atau kotak hitam itu?

Dilansir dari duniasejutawarna, sebenarnya black box hanyalah istilah, nama aslinya adalah Flight Data Recorder ( FDR ) atau Accident Data Recorder ( ADR ), yaitu alat elektronik yang dapat merekam segala komunikasi antara pilot dengan menara atau operator penerbangan yang berada di darat.

Untuk menjaga agar tidak ikut hancur ketika kecelakaan pesawat, black box dimasukkan ke dalam kotak baja yang kuat. Hingga ribuan kali gaya gravitasi, black box mampu bertahan di laut pada kedalaman 14.000 – 20.000 kaki ( 4,270 m-6.096 m ).

Data-data terakhir sebelum terjadi kecelakaan terekam dalam kotak hitam ini. Sehingga dapat membantu penyelidikan terhadap apa yang menjadi penyebab kecelakaan. Itulah mengapa black box paling dicari di setiap kecelakaan pesawat.
Terlepas dari itu, ada satu hal unik yang membuat banyak orang bertanya-tanya.

Kotak yang terkenal dengan sebutan black box itu ternyata tidak berwarna hitam, melainkan berwarna orange. Kenapa disebut black box atau kotak hitam, padahal warnanya oranye?

Sebenarnya, warna hitam dalam istilah black box itu untuk mengungkapkan makna sesuatu yang mengandung misteri. Kotak yang menyimpan misteri tersembunyi untuk mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan. Itulah kenapa disebut black box. Kenapa warnanya orange? Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.

Penempatan black box ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan. Umumnya terdapat dua unit yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini merupakan bagian yang utuh ditemukan.

mengenal lebih dalam tentang black box yang ada di pesawat